Investasi Pada Entitas Asosiasi

PSAK No. 15 Akuntansi untuk Investasi dalam Perusahaan Asosiasi mengatur mengenai investasi saham dalam perusahaan asosiasi (associates). PSAK ini tidak mengatur mengenai investasi saham dalam entitas anak (subsidiary), organisasi modal ventura, reksa dana, unit perwalian, dan entitas sejenis termasuk dana asuransi.

Entitas Asosiasi adalah suatu entitas termasuk entitas non korporasi seperti persekutuan, dimana investor mempunyai pengaruh signifikan dan bukan merupakan entitas anak ataupun bagian partisipasi dalam ventura bersama.


Jika investor memiliki, secara langsung maupun tidak langsung (misalnya melalui entitas anak), 20% atau lebih hak suara investee, maka investor dianggap memiliki pengaruh signifikan, kecuali dapat dibuktikan dengan jelas bahwa entitas tidak memiliki pengaruh signifikan. Sebaliknya, jika investor memiliki, secara langsung maupun tidak langsung (misalnya melalui entitas anak), kurang dari 20% hak suara investee, maka investor dianggap tidak memiliki pengaruh signifikan, kecuali pengaruh signifikan tersebut dapat dibuktikan dengan jelas.

Keberadaan pengaruh signifikan oleh investor umumnya dibuktikan dengan satu atau lebih cara berikut ini : Keterwakilan dalam direksi dan dewan komisaris atau organ setara di investee ; Partisipasi dalam proses pembuatan kebijakan, termasuk partisipasi dalam pengambilan keputusan tentang dividen atau distribusi lainnya ; Adanya transaksi material antara investor dengan investee ; Pertukaran personel manajerial ; atau Penyediaan informasi teknis pokok

Investasi pada Entitas Asosiasi dicatat dengan menggunakan metode ekuitas, kecuali investasi di klasifikasikan sebagai dimiliki untuk dijual sesuai dengan PSAK 38. Investasi dicatat dengan metode ekuitas sejak tanggal memenuhi definisi entitas asosiasi (pengaruh signifikan).

Metode ekuitas adalah metode akuntansi dimana investasi pada awalnya diakui sebesar biaya perolehan kemudian ditambah atau dikurangi untuk mengakui laba atau rugi investee setelah tanggal perolehan. Pengakuan atas pendapatan komprehensif investee diakui sebagai pendapatan komprehensif dan kenaikan investasi pada pembukuan investor dan distribusi dari investee mengurangi nilai tercatat investasi.

Laporan keuangan terkini entitas asoasiasi yang tersedia digunakan oleh investor dalam menerapkan metode ekuitas. Jika akhir periode pelaporan investor berbeda dengan entitas asosiasi, maka entitas asosiasi menyajikan (untuk digunakan oleh investor) laporan keuangan dengan tanggal yang sama dengan laporan keuangan investor, kecuali hal tersebut tidak praktis.

Jika laporan keuangan entitas asosiasi yang digunakan dalam menerapkan metode ekuitas disususun berbeda tanggal dengan investor, maka penyesuaian dilakukan terhadap dampak dari setiap transaksi atau peristiwa signifikan yang terjadi diantara tanggal laporan keuangan entitas asosiasi dengan tanggal laporan keuangan investor.

Dalam setiap kasus, perbedaan antara akhir periode pelaporan entitas asosiasi dengan akhir periode pelaporan investor tidak boleh lebih dari tiga bulan. Panjangnya periode pelaporan dan setiap perbedaan antar akhir periode pelaporan adalah sama dari periode ke periode.

Laporan keuangan investor disusun dengan menggunakan kebijakan akuntansi yang sama untuk transaksi dan peristiwa dalam keadaan serupa. Jika entitas asosiasi menggunakan kebijakan akuntansi yang berbeda dengan investor untuk transaksi dan peristiwa dalam keadaan serupa, maka penyesuaian dilakukan untuk menyamakan kebijakan akuntansi entitas asosiasi dengan kebijakan akuntansi investor dalam menerapkan metode ekuitas.

Entitas kehilangan pengaruh signifikan atas investee ketika entitas kehilangan kekuasaan untuk berpartisipasi dalam keputusan kebijakan keuangan dan operasional investee. Hilangnya pengaruh signifikan dapat terjadi dengan atau tanpa perubahan dalam tingkat kepemilikan secara absolut atau relatif. Hal ini dapat terjadi, misalnya, ketika entitas asosiasi menjadi subjek pengendalian pemerintah, pengadilan, administrator, atau regulator. Hal ini dapat juga terjadi sebagai hasil dari suatu perjanjian kontraktual.

Investor menghentikan penggunaan metode ekuitas sejak tanggal investor tidak lagi memiliki pengaruh signifikan atas entitas asosiasi dan mencatat investasinya sesuai dengan PSAK 55 (revisi 2011) Instrumen Keuangan: Pengakuan dan Pengukuran

Yang mana hilangnya pengaruh signifikan tersebut tidak mengakibatkan entitas asosiasi menjadi entitas anak atau ventura bersama sebagaimana didefinisikan dalam PSAK 12 (revisi 2009): Bagian Partisipasi dalam Ventura Bersama. Ketika kehilangan pengaruh signifikan, maka investor mengukur setiap investasi yang tersisa pada entitas asosiasi pada nilai wajar.

Investor mengakui dalam laporan laba rugi setiap selisih antara: Nilai wajar investasi yang tersisa dan hasil pelepasan sebagian kepemilikan dalam entitas asosiasi, dengan Jumlah tercatat investasi dalam tanggal ketika hilangnya pengaruh signifikan.

Ketika investor menjual sebagian investasi ekuitas yang mengurangi kepemilikannya pada perusahaan investasi menjadi kurang dari 20 persen atau di bawah batas yang dibutuhkan untuk menggunakan pengaruh yang signifikan, maka akuntansi dengan metode ekuitas tidak digunakan lagi untuk sisa kepemilikan. 


Sejak saat itu, investasi dipertanggungjawabkan berdasarkan metode biaya, dan saldo akun investasi setelah penjualan menjadi dasar biaya yang baru. Tidak ada penyesuaian yang diperlukan, dan investor mencatat investasi berdasarkan metode biaya dengan cara yang biasa. Keuntungan atau kerugian penjualan kepemilikan ekuitas adalah perbedaan antara harga jual dan nilai buku kepemilikan ekuitas sesaat sebelum penjualan.

Penerapan metode ekuitas harus dihentikan jika bagian investor atas kerugian entitas asosiasi sama atau melebihi nilai tercatat dari investasi sehingga dengan demikian menurut par. 16 PSAK 15, nilai tercatat investasi harus diturunkan menjadi nol.

Jika, berdasarkan metode ekuitas, bagian investor atau kerugian entitas asosiasi sama atau melebihi nilai tercatat dari investasi, maka investasi dilaporkan nihil. Kerugian selanjutnya diakru oleh investor apabila timbul kewajiban atau investor melakukan pembayaran kewajiban entitas asosiasi yang dijaminnya. Jika entitas asosiasi selanjutnya laba, investor akan mengakui penghasilan apabila setelah bagiannya atas laba menyamai bagiannya atas kerugian bersih yang belum diakui.

Berlangganan sekarang, untuk mendapatkan artikel terbaru tentang Ilmu Akuntansi, Audit, dan Perpajakan Gratis! :

0 Komentar Untuk "Investasi Pada Entitas Asosiasi"

Posting Komentar

Terima Kasih buat Komentar yang diberikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel