-->

Bagaimana sih Daftar e-Meterai? Simak Tips Berikut


Pemerintah resmi meluncurkan materai elektronik (e-materai). Dengan demikian, masyarakat kini sudah bisa melakukan pembelian e-materai untuk dibubuhkan pada dokumen elektronik miliknya.

Untuk melakukan pembelian dan membubuhkan e-meterai pada dokumen elektronik, masyarakat harus terlebih dahulu mendaftarkan diri pada laman pos.e-meterai.co.id. Nah sobat akuntansi, kali ini saya akan menjelaskan cara untuk melakukan pendaftaran e-meterai.

Mula-mula, silakan kunjungi laman pos.e-meterai.co.id dan pilih menu Daftar. Selanjutnya, Anda akan melihat tiga pilihan pendaftaran yaitu personal, enterprise, atau wholesale. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Personal merupakan pendaftar yang menggunakan e-materai hanya untuk perseorangan. Enterprise bagi pendaftar untuk penggunaan layanan e-materai untuk internal perusahaan, sedangkan wholesale untuk pendaftar sebagai distributor.

Apabila pendaftar memilih personal maka akan muncul menu unggah KTP. Disyaratkan KTP pendaftar yang diunggah berukuran file maksimal 1 MB. Selanjutnya akan muncul isian biodata diri yang harus dilengkapi, yang terdiri dari NIK, e-mail, nama depan, nama belakang, password, nomor telepon, agama, tanggal lahir, alamat, pekerjaan, dan nomor NPWP.

Apabila pengguna belum memiliki NPWP, maka tersedia pilihan tombol Belum Memiliki NPWP dan melanjutkan pendaftaran. Jika sudah melengkapi isian tersebut klik Daftar dan akan muncul menu Registrasi Sukses.

Selanjutnya periksa e-mail yang telah dimasukan dalam isian pendaftaran untuk melakukan verifikasi pendaftaran. Nanti, akan ada e-mail masuk yang berisikan pesan “Selamat Anda berhasil melakukan pendaftaran. Silahkan melakukan verifikasi.”

Klik Verifikasi tersebut karena akan tersambung dengan link proses verifikasi akun. Apabila muncul notifikasi verifikasi berhasil, proses pendaftaran akun telah selesai dan bisa melakukan pembelian serta pembubuhan e-materai pada dokumen.

Selanjutnya periksa kembali e-mail yang masuk dan berisi pesan verifikasi seperti sebelumnya. Lalu klik Verifikasi hingga keluar notifikasi verifikasi berhasil.

Apabila sudah, Anda sudah dapat melakukan pembelian dan pembubuhan e-materai pada dokumen. Hal ini dengan log in terlebih dahulu dengan memasukan e-mail dan password yang sebelumnya telah dimasukan saat pendaftaran. Selesai. Semoga bermanfaat. 

Berlangganan sekarang, untuk mendapatkan artikel terbaru tentang Ilmu Akuntansi, Audit, dan Perpajakan Gratis! :

0 Komentar ke "Bagaimana sih Daftar e-Meterai? Simak Tips Berikut"

Posting Komentar

Terima Kasih buat Komentar yang diberikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel