Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Jika Batas Waktu Pelaporan SPT Tahunan PPh Badan di Hari Libur?

kapan batas waktu pelaporan spt tahunan badan?
Ketentuan mengenai batas waktu penyampaian SPT diatur dalam Pasal 3 ayat (3) UU KUP. Pada Pasal 3 ayat (3) UU KUP menyatakan:

“(3) Batas waktu penyampaian Surat Pemberitahuan adalah:

untuk Surat Pemberitahuan Masa, paling lama 20 (dua puluh) hari setelah akhir Masa Pajak;

untuk Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak orang pribadi, paling lama 3 (tiga) bulan setelah akhir Tahun Pajak; atau

untuk Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak badan, paling lama 4 (empat) bulan setelah akhir Tahun Pajak.”

Berdasarkan ketentuan Pasal 3 ayat (3) UU KUP, batas waktu penyampaian SPT Tahunan PPh badan ditetapkan paling lama 4 bulan setelah berakhirnya tahun pajak. Tahun pajak yang dimaksud akan menyesuaikan dengan periode pembukuan yang digunakan wajib pajak.

Untuk lebih memahami terkait batas waktu penyampaian SPT Tahunan PPh badan, kita dapat merujuk pada aturan turunan yang ada. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaporan SPT Tahunan PPh dapat dilihat pada Peraturan Menteri Keuangan No. 243/PMK.03/2014 tentang Surat Pemberitahuan (SPT) s.t.d.t.d. PMK 18/PMK.03/2021 (PMK 18/2021).

Pada Pasal 12 ayat (1) dan (2) PMK 18/2021 menyatakan:

“(1) Dalam hal batas akhir pelaporan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 dan Pasal 11 bertepatan dengan hari libur, pelaporan dapat dilakukan paling lambat pada hari kerja berikutnya.

(2) Hari libur sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yaitu hari Sabtu, hari Minggu, hari libur nasional, hari yang diliburkan untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum, atau cuti bersama secara nasional.”

Dari ketentuan Pasal 12 ayat (1) dan (2) PMK 18/2021 dapat dilihat apabila batas waktu penyampaian SPT PPh bertepatan pada hari libur, pelaporan dilakukan paling lambat pada hari kerja berikutnya. Namun, perlu digarisbawahi, ketentuan ini hanya berlaku pada pelaporan SPT masa PPh.

Artinya, ketentuan ini tidak berlaku pada pelaporan SPT Tahunan PPh badan. Oleh karena itu, meskipun jatuh tempo pelaporan SPT Tahunan PPh badan terjadi pada hari libur, batas pelaporan tidak diperlonggar hingga hari kerja berikutnya.

Berdasarkan pada ketentuan di atas, dapat disimpulkan batas waktu pelaporan SPT Tahunan PPh badan tetap dilakukan atau tidak mundur pada hari kerja selanjutnya. Untuk itu, saya sarankan agar sobat akuntansi melaporkan SPT Tahunan PPh badan sebelum batas waktu pelaporan berakhir. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Jika Batas Waktu Pelaporan SPT Tahunan PPh Badan di Hari Libur?"