Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Lapor SPT Tahunan untuk Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Fasilitas PP 23 Tahun 2018

cara lapor spt tahunan orang pribadi pp 23 tahun 2018
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 23/2018 (PP 23/2018), wajib pajak dengan omzet tidak melebihi Rp4,8 miliar dalam satu tahun pajak dapat memanfaatkan tarif pajak penghasilan (PPh) final sebesar 0,5% selama jangka waktu tertentu.

Wajib pajak orang pribadi yang memanfaatkan PP 23/2018 dengan tarif PPh final sebesar 0,5% wajib melakukan penyetoran PPh terutang setiap bulan. Selain itu, wajib pajak juga harus melaporkan PPh final PP 23/2018 dalam Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan PPh Orang Pribadi.

Sebagai informasi batas akhir pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi adalah tiga bulan setelah akhir tahun pajak. Jadi apabila wajib pajak ingin melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi tahun pajak 2021, batas waktu pelaporannya adalah 31 Maret 2022.

Pelaporan SPT Tahunan PPh orang pribadi terutama yang memanfaatkan PP 23/2018 dapat dilakukan melalui DJP Online. Wajib pajak dapat membuka laman DJP Online melalui tautan https://djponline.pajak.go.id.

Bila laman sudah terbuka, seperti biasa wajib pajak akan diminta untuk menuliskan NPWP, kata sandi, dan kode keamanan untuk melakukan login. Berikutnya pilih menu Buat SPT dan pilih Ya atas pertanyaan wajib pajak yang menjalankan usaha bebas.

Setelah itu, wajib pajak dapat memilih e-Form SPT 1770. Wajib pajak akan diminta untuk memilih tahun pajak yang ingin dilaporkan lalu pilih Kirim Permintaan. Dokumen e-Form SPT 1770 akan secara otomatis terunduh dan kode verifikasi akan dikirim melalui email terdaftar.

Apabila komputer belum terinstalasi dengan aplikasi Viewer, wajib pajak harus mengunduh terlebih dahulu. Pengunduhan Viewer dapat dilakukan melalui laman unduh formulir elektronik dan pilih Windows (24MB).

Setelah proses pengunduhan selesai, silahkan melakukan instalasi atas aplikasi form viewer tersebut. Dengan cara double klik pada file FormsViewer_82_Win_EN.exe. Kemudian ikuti perintah instalasi dengan klik Next, Install, dan Finish.

Proses pengisian e-Form dilakukan dengan membuka file e-Form dengan format .xfdl yang telah diunduh. Pada pilihan Pembukuan atau Pencatatan, silahkan pilih Pencatatan. Kemudian, isi jumlah harta yang dimiliki pada tahun pajak tersebut dalam lampiran IV bagian A.

Pada lampiran IV bagian B, wajib pajak dapat melakukan perekaman kewajiban/utang pada akhir tahun. Sementara itu, pada bagian C, wajib pajak dapat menuliskan daftar susunan anggota keluarga.

Pada lampiran III bagian A nomor 16, berikan tanda centang pada kotak bertuliskan PP 46/23. Dengan memberikan tanda centang, wajib pajak telah mengaktifkan data pembayaran PPh final 0,5% berdasarkan PP 23/2018.

Kemudian, wajib pajak dapat memilih kotak biru yang bertuliskan PP 46/23. Wajib pajak akan diarahkan untuk ke halaman Daftar Jumlah Penghasilan Bruto dan Pengenaan PPh 46 Tahun 2013 Per Masa Pajak serta Masing-Masing Tempat Usaha.

Dalam laman tersebut, wajib pajak akan diminta untuk mengisi peredaran bruto per masa pajak dalam jangka waktu satu tahun pajak sesuai dengan dokumen yang dimiliki. Usai memasukkan seluruh data, pada bagian akhir halaman terdapat pertanyaan “Pindahkan nilai ke lampiran III?”, silahkan pilih “Ya”.

Wajib pajak akan diarahkan ke lampiran II untuk mengisi bukti potong. Apabila tidak ada, silahkan lewati lampiran tersebut dengan cara klik Halaman Berikutnya yang merupakan lampiran I. Lampiran I berkaitan dengan penghasilan dari pekerjaan bebas, sehubungan pekerjaan, dan penghasilan lainnya. Apabila tidak ada, wajib pajak dapat melewati halaman tersebut.

Selanjutnya, wajib pajak akan diarahkan ke halaman induk SPT 1770. UMKM diharapkan mengisi nomor hp, status kewajiban perpajakan, PTKP, dan tanggal pelaporan sesuai dengan kondisi. Apabila data yang dimasukkan sudah lengkap, silahkan klik Submit.

Berikutnya, klik Unggah Lampiran dan pilih file .pdf hasil scan rekap pembayaran PPh final. Kemudian, masukkan kode verifikasi yang diterima wajib pajak melalui e-mail lalu klik Submit. Perlu dicatat, bahwa wajib pajak hanya dapat melakukan submit saat e-Form dalam kondisi online.

Apabila berhasil, wajib pajak akan mendapatkan notifikasi langsung dari e-Form dan menerima Bukti Penerimaan Elektronik pada e-mail. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Cara Lapor SPT Tahunan untuk Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Fasilitas PP 23 Tahun 2018"