Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendaftar Menjadi PKP Toko Retail Restitusi PPN untuk Turis

cara mendaftar jadi pkp toko retail

Keindahan alam dan keanekearagaman budaya menjadikan Indonesia sebagai tujuan destinasi wisata yang menarik bagi turis dari mancanegara. Kehadiran turis asing di Indonesia dapat berpotensi meningkatkan cadangan devisa negara.

Dalam rangka mengoptimalkan penerimaan negara, pemerintah memberikan dukungan fiskal melalui restitusi PPN atau VAT refund yang hanya diberikan kepada turis pemegang paspor luar negeri yang berbelanja di toko khusus yang melayani VAT refund (Restitusi PPN).

Kehadiran fasilitas tersebut tentunya menjadi nilai tambah bagi pemilik toko ketimbang toko-toko lainnya yang tidak melayani VAT refund. Untuk dapat memberikan pelayanan VAT refund, pemilik toko harus mendaftar terlebih dahulu sebagai pengusaha kena pajak (PKP).

Saya akan memaparkan mengenai tata cara pendaftaran pengusaha kena pajak (PKP) toko retail yang menyediakan layanan VAT refund. Tata cara tersebut diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-17/PJ/2019.

Terdapat dua PKP toko retail yang bisa mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam VAT refund. Pertama, PKP tempat PPN terutang dipusatkan, dalam hal PKP telah melaksanakan pemusatan PPN terutang. Kedua, PKP yang belum atau tidak melaksanakan pemusatan PPN terutang.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui Aplikasi VAT Refund for Tourists dalam laman https://vatrefund.pajak.go.id. Lalu, masuk ke menu pendaftaran dan masukan data yang diminta. Bagi PKP yang melakukan pemusatan PPN, masukkan data seluruh cabang yang ada di Surat Keputusan (SK) Pemusatan.

Apabila permohonan pendaftaran berhasil, PKP toko retail akan menerima notifikasi melalui e-mail yang disampaikan oleh vatrefund@pajak.go.id. Berikutnya, PKP juga akan menerima SK Penunjukan PKP Toko Retail dan Surat Pemberitahuan PIN yang dikirimkan melalui pos tercatat.

Surat Pemberitahuan PIN digunakan untuk melakukan aktivasi akun. PIN yang sudah diterima tidak dapat diubah. Sebelum 30 hari, PKP wajib melakukan aktivasi pengguna dengan cara memasukkan PIN yang diterima.

Apabila melewati masa tiga puluh hari tersebut PKP masih belum melakukan aktivasi PIN, PKP akan menerima notifikasi melalui e-mail vatrefund@pajak.go.id. Nanti, PKP yang bersangkutan akan diminta untuk mendaftar kembali secara elektronik.

Jika proses aktivasi berhasil, PKP akan menerima email notifikasi berisi user id dan PIN. Selanjutnya, PKP melakukan pendaftaran toko retail dengan login melalui aplikasi VAT Refund. Lalu, daftarkan toko retail yang akan menggunakan fasilitas VAT Refund.

Berikutnya, sistem akan mengirim email yang berisi user ID dan password. Perlu dicatat, user id yang sudah diberikan tidak dapat diganti oleh PKP tapi password dapat diganti. Terakhir, PKP melakukan perekaman permohonan VAT refund. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mendaftar Menjadi PKP Toko Retail Restitusi PPN untuk Turis"