Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Data SPT Tahunan pada Tahun-Tahun Pajak yang Lalu

Cara Melihat Data SPT Tahunan pada Tahun-Tahun Pajak yang Lalu


Mengisi SPT Tahunan sekarang ini sudah sangat mudah karena bisa dilakukan secara daring atau online. Cukup dengan ponsel pintar atau laptop yang terhubung dengan internet, wajib pajak bisa mengisi SPT Tahunan kapan pun dan di mana pun.

Keuntungan lainnya yang bisa diperoleh wajib pajak—yang melaporkan SPT Tahunan secara online atau e-filing di DJP Online—ialah wajib pajak bisa melihat data-data SPT Tahunan yang diisi pada tahun-tahun pajak sebelumnya.

Nah, saya kali ini akan menjelaskan cara melihat data-data SPT Tahunan pada tahun-tahun sebelumnya di DJP Online. Mula-mula, kunjungi laman DJP Online. Isi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), kata sandi, dan kode keamanan.

Jika sudah, klik Login. Dalam halaman utama, pilih menu Lapor. Kemudian, klik kolom e-filing. Nanti, Anda akan melihat arsip SPT Tahunan yang sudah dibuat selama ini atau pada tahun-tahun sebelumnya.

Pilih SPT Tahunan yang ingin Anda lihat data-datanya. Klik icon bergambar kaca pembesar untuk melihat data-data pada SPT Tahunan yang diinginkan. Lalu, Anda akan melihat data identitas wajib pajak seperti NPWP, nama wajib pajak, dan tahun pajak.

Pada bagian submenu Bagian A, Anda akan melihat data seperti penghasilan bruto, penghasilan tidak kena pajak, penghasilan kena pajak, dan lain sebagainya. Anda juga bisa melihat data pembayaran dan perinciannya.

Kemudian, pada bagian submenu Bagian B, Anda bisa melihat data mengenai dasar pengenaan pajak/penghasilan bruto pajak penghasilan final, pajak penghasilan final terutang, dan penghasilan yang dikecualikan dari objek pajak.

Selanjutnya, pada bagian submenu Bagian C, Anda bisa melihat daftar jumlah keseluruhan harta yang dimiliki pada akhir tahun pajak dan jumlah keseluruhan kewajiban/utang pada akhir tahun pajak. Selesai. Semoga bermanfaat sobat Akuntan.

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Data SPT Tahunan pada Tahun-Tahun Pajak yang Lalu"